Sabit Tua Shafar 1439 H

Sabit Tua Shafar 1439 H

ASY-SYAMSU WA AL-URJUUNUL-QADIIM

=================================

Jumu’ah, 17 Nopember 2017 @ 09:30 WIB
Lillahil-hamd, hari ini Tim Rowasiya berhasil mengabadikan dua ayat-Nya sekaligus sekitar pukul 09:30 WIB, saat langit biru: Al-Urjuun Al-Qadiim (Waning Cresvent) dan Asy-Syamsu (Sun).
Peluang mengesani Bulan sebagai Sabit Tua di bulan Shafar 1439 H, Jumu’ah, 17 Nopember 2017 adalah hari terakhir. 
QS. Yunus – 10:5

—————-

هُوَ الَّذِي جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاءً وَالْقَمَرَ نُورًا وَقَدَّرَهُ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوا عَدَدَ السِّنِينَ وَالْحِسَابَ ۚ مَا خَلَقَ اللَّهُ ذَٰلِكَ إِلَّا بِالْحَقِّ ۚ يُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ —————-

“Tuhan kalianlah yang menciptakan langit dan Bumi, yang menjadikan Matahari memancarkan cahaya dan Bulan memantulkan sinar. Dialah yang menjadikan fase-fase Bulan, sehingga cahayanya berbeda-beda sesuai dengan tempat edarnya ini, dengan maksud agar kalian dapat mempergunakannya untuk memperkirakan waktu kalian dan dapat mengetahui bilangan tahun dan hisab.

Allah tidak akan menciptakan itu semua kecuali dengan hikmah. Dialah yang menyediakan ayat-ayat langit untuk dikaji kaum yg peduli sains.” 
Matahari adalah bintang di pusat Tata Surya. Bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet. Secara kimiawi, sekira tiga perempat massa Matahari terdiri dari hidrogen, sedangkan sisanya didominasi helium. Diameternya sekitar kira-kira 109 kali diameter Bumi, dan massanya sekitar 330.000 kali massa Bumi dan mewakili kurang lebih 99,86 % massa total Tata Surya. Pemahaman ilmiah yang akurat mengenai Matahari berkembang perlahan. Pada abad ke-19, beberapa ilmuwan ternama mulai sedikit tahu tentang komposisi fisik dan sumber tenaga Matahari. Pemahaman ini masih terus berkembang sampai sekarang.
Bulan, satu-satunya satelit alami yang mengelilingi Bumi, memiliki peran penting dalam kalender Hijriah. Setiap hari dalam penanggalan ini menandakan satu fase Bulan dalam berevolusi terhadap Bumi, sehingga menjadi dasar dalam perhitungan kalender Hijriah.
#pakarfisika 

#astrofotografi

#ayatayatlangit

#sabitsiang

#rowasiyaobservatory

#hisabrukyat

#klatenhitz

#jatenggayeng

About The Author

admin

No Comments

Leave a Reply